Menjaga agar bibit tanaman kembali FRESH setalah dalam penjalanan lama.

Hari ini saya begitu kuatir, karena bibit buah yang saya pesan via. belanja online dari Kerawang  stress berat. Ini adalah beda dengan pengalaman sebelumnya,  sewaktu saya pesan bibit Kelengkang dari Malang,  saya masih ingat sekali walaupun penjalanan dari Malang ke Banjarbaru memakan waktu ± 4 hari, tapi bibit masih agak fresh.

Tapi kali ini, ampun….. bibit Jaruk Mandarin, bibit Putsa (Apel India), bibit Jambu biji Mutiara dan bibit Sari kaya new varitas sangat stress, bahkan kalau saya boleh katakana sangat-sangat stress. (ah…. gak apa-apa mati, kalau memang mati memang bukan rejeki saya, pikir saya waktu buka kerdus)

Buru-buru setelah karton saya buka, saya pun segera menyiapkan media tanam yang memang sudah saya siapkan, jauh-jauh sebelum bibit yang saya pesan .

Tapi kini setalah satu  bibit yang dulunya stress berat kondisi  bibit kembali fresh, nah… ini dibawah ini adalah langkah-langkah yang waktu itu saya lakukan untuk membuat bibit kembali fress

  1. Siapkan media tanam dengan komposisi 1 : 1: 1 – kotoran ternak : sekam : tanah humus) kalau nggak ada tanah humus tanah biasa juga gak apa, tapi jangan tanah lempung.
  2. Siapkan polybag atau Pot.
  3. Ganti media tanam  dengan media yang baru
  4. Siram bibit tanaman dengan hand sprayer (untuk penyiraman pertama harus kenyang, indikasinya sampai air keluar dari dasar polybag/pot)
  5. Jika semua sudah lalu tempatkan bibit tersebut di bawah naungan contoh dibawah pohon yang rindang  (hati-hati jangan sampai terkena matahari langsung)
  6. Ulangi penyiraman jika media tanam kelihatan kering  (penyiraman biasanya saya lakukan pada sore hari)
  7. Dan setalah 1 minggu……. Insya Allah bibit tanaman akan kembali fresh.

Bisanya kondisi tanaman akan stress berat setalah +/- 5 hari dalam perjalanan, bahkan saking stress nya dunya sampai rontok.

 

Setelah media di ganti, tanaman di tempakan di bawah pohon yang terlindung dari matahari dan setalah 1 minggu….. tanaman akan kembali fresh….

Posted on 1 Januari 2012, in Budidaya Buah-Buahan, Menjaga agar bibit tanaman kembali FRESH setalah dalam penjalanan lama.. Bookmark the permalink. 4 Komentar.

  1. Thank you for the auspicious writeup. It in fact was a
    amusement account it. Look advanced to more added agreeable from you!
    By the way, how can we communicate?

    • Thank you for your visiting at my Blog.
      I write contents at blog base on my experiance, hope it can be usefull for everybody.

      Best regards
      Johari
      Banjarbaru – South Kalimantan

  2. Does your site have a contact page? I’m having problems locating it but, I’d
    like to shoot you an email. I’ve got some ideas for your blog you might be interested in hearing. Either way, great site and I look forward to seeing it grow over time.

  3. seminggu yang lalu saya juga terima pesanan bibit jambu madu dari jogja, proses kirim cuma berjalan 1 hari karena pakai kargo pesawat lion ke Aceh. begitu sampai langsung saya pindah ke polybag dan siram dengan air. karena cuaca sangat panas di Aceh, saya siram 2x sehari pagi dan sore dan tempatkan di bawah pohon agar tidak kena sinar matahari langsung. Tapi sampai 1 minggu ini saya lihat tidak ada pertumbuhan dan daun satu persatu mulai rontok walau batang masih terlihat segar/tidak kering. kira2 pakai apa supaya bibit kembali segar dan mulai bertunas?? thanks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: