Bawang Prei dalam Pot

Tanaman ini dalam Bhs Indonesia di sebut Bawang prei dan Leek (Bhs Inggis), tanaman yang memiliki nama latin A. porrum, family Alliaceae, konon menurut sejarah telah dibudidayakan sejak jaman prasejarah.  Tanaman ini telah dikenal secara luas oleh bangsa Yunani kuno dan Roma. (http://www.situshijau.co.id)

Selain sebagai bahan bumbu dapur yang cukup lezat rasanya daun bawang prei ternyata cukup menarik untuk di jadikan penghias halaman dengan cara menanamnya di pot. Nah…. Mau tau bagaiman caranya menanam bawang prei di pot, baca terus.

Tanamana yang di konsumsi bagian batang dan daun ini ternyata mudah untuk di kembangkan di dalam pot dan berikut ini adalah tahap tahapanya :

1)    Media Tanam

  • Yang pertama yang harus anda siapkan tentunya adalah media tanam, untuk media tanam saya menggunakan campuran antara Tanah, Sekam, kotoran kambing dengan perbandingan 1:1:1.
  • Setelah media tercampur tutup media tersebut dengan zak (ex. pupuk) atau apa saja dan tempatkan di tempat yang sejuk.
  • Diamkan selama +/- 3 hari dan jangan lupa aduk media tersebut

 

(Media tamam siap digunakan terdiri dari Sekam, tanah, Kotoran kambing dengan perbandingan 1:1:1 yang telah di di fermentasi selama 3 hari)

 

2) Bibit

• Ketika media sudah siap nah…. Sekarang giliranya menyipakan bibit dan yang pasti pilih bibit yang sehat dan subur.

• Potong daun bawang prei sisakan +/- ¾ bagian (1/4 bagian daun yang di potong)

• Dan jangan lupa buang daun yang sudah mulai mengunung dan tua.

(Tanaman bawang prei setalah setalah di tanam)

 

3) Penanaman dan pemeliharaan

Media tanam sudah, bibit ada, pot-nya apalagi sekarang giliranya untuk tanam. Untuk pemeliharaan yang pasti gulma yang tumbuh di sekitar tanaman harus di buang

(Tanaman bawang prei berumur 1 bulan setalah tanam – Em… ternayata tanaman ini selain berfungsi sebagai bumbu dapur , jika tanaman ini di tanam di pot dan di tempatkan di teras rumah, ternyata bagus juga ya….Bagaiamana menurut anda…..??)

 

4) Pemupukan

Untuk pemupukan saya menggunakan pupuk NPK 16.16.16 dengan dosis ½ sendok the/ pot, metode aplikasi dengan menaburkan pupuk tersebut di sekeliling tanaman setiap 2 minggu sekali.

5) Panen

Bawang prei sudah dapat di panen setalah +/- berumur 3 bulan, cara penenya sangat gampang sekali dengan mencabut tanaman karena yang kita perlukan adalah batang dan baun.

Posted on 22 Januari 2011, in Budidaya Sayur, Tanam Bawang Prei dalam Pot. Bookmark the permalink. 5 Komentar.

  1. Saya sangat suka dengan artikel ini.Dengan berkebun disekitar lingkungan kita, selain memberikan dilai ekonomis juga dari sisi estetika akan bagus untuk pemandangan sekitar rumah kita. Mohon artikelnya yg lain..Terima kasih.

  2. Bagus teknik menanam bawang di pot. sampai saat ini saya menanam bawang masih menggunakan cara lama.

  3. Salam kenal Bu. Saya jg menanam daun bawang /spring onion di pot tapi dari bawang bombay , sudah mulai tumbuh daun nya tapi koq lama ya…. ibu bisa bantu jelaskan . terima kasih. Indrawati

  4. Sudah nyoba tanam /semai tapi gagal terus……jadi penasaran .

  5. pengin nyoba ,, itung2 bisa memenuhi kebutuhan dapur,,,, :):)))

Tinggalkan komentar