Tabulampot Beach Cherry

Beach chery merupakan tanaman perdu yang berasal dari Australia. Namun demikian tanaman ini tumbuh subur dan berbuah terus menerus di Indonesia termasuk daerah  Banjarbaru – Kal Sel. Sosok tanaman perdu, rimbun dengan buah matang warna merah menyala, sehingga layak dan bagus bila dibikin tabulampot (kata Mas Hervin di http://ayoberkebun-hervin.blogspot.com)

Beach Cheery ini saya datangkan dari Malang sekitar bulan April 2010 dari Mas Hervin waktu itu tanaman dikirim dengan menggunakan jasa kurir Pandu Siwi Sentosa, perlajanan dari Malang  ke Banjarbaru cukup jauh dan Allhamdillilah kondisi tanaman tidak stress, Dan untuk adaptasi  kondisi iklim maka sebelum Beach Cherry tersebut saya pindahkan ke pot tanaman tersebut saya tempatkan di bawah pohon yang cukup naung selama +/- 2 minggu dengan intensitas cahaya dibawah 15%. (Foto 1 : Kondisi tanaman pada saat dikirim April 2010)

Sambil mennunggu tanaman adaptasi untuk selanjutnya saya  mulai siapkan media, untuk medianya saya gunakan media campuran antara pupuk kandang (kotoran kambing); sekam; tanah dengan perbandingan 1:2:1.  Setelah semua media tersebut tercampur saya diamkan media tersebut selama +/- 2 minggu tujuanya agar proses pencampuranya sempurna.

Nah, selanjutnya bibit tanaman Beach Cherry siap untuk ditanam. Untuk proses tanamnya adalah sbb ;

  1. Siapkan pot, untuk tanaman ini saya pot plastic dengan diameter 45 cm(lebih besar lebih baik)
  2. Lubangi dasar pot (kalau belum ada lobangnya)
  3. Beri pecahan bata, genting atau stayrofoam di dasar pot (untuk tanaman ini saya gunakan stayrofoam pertimbanganya adalah ringan)
  4. Masukan media tanam dan
  5. Yang terakhir masukan tanamanya (jangan lupa buka polybag-nya)
  6. Selesai.

(Foto 2 : Tanaman beach cherry setelah pemindahan dari plastik polybag ke POT – May 2010)

Agar tanaman tumbuh sehat dan subur, siramlakan larutan  NPK setiap 2 minggu sekali sebanyak 1-2 liter.(hasil pengenceran 1 sentok makan NPK dan air +/- 7 ltr). Sekarang giliranya tunggu munculnya bunga.

(Foto 3 : Tanaman beach cherry setalah berumur 4 bulan setelah tanam – Agustus 2010)

Ehem…… ternyata buahnya muanis lho.

Sebetulnya buahnya banyak, maklum karena di rumah anak saya masih kecil akhirnya yang tersisa hanya beberapa biji saja he…he…… (Posted by http:a3online.wordpress.com)

Posted on 18 Agustus 2010, in Tabulampot, Tabulampot Beach Cherry. Bookmark the permalink. 4 Komentar.

  1. itu bisa tumbuh jadi pohon besar? klo d daerah yg agak panas kyk sulteng bisa tidak yahh

  2. Pohon Beach cherry pertumbuhanya sangat lambat, Bibit yang berasal dari biji umur 6 bulan dengan tinggi +/- 15 cm. Ehm…. KalSel tepatnya di Banjarbaru sebagian besar wilayahnya dibawah 100 mtr dari permukaan laut. Di daerah ini tanaman tersebut tumbuh subur, di daerah dengan dataran tinggi seperti di daerah Malang (Jatim) tanaman ini juga tumbuh subur.

    Thank for your visited.

  3. Mas alamat beli bibit beach cerry di malang dimana?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: