Pengolahan sampah rumah tangga denga metode “AN-AEROB 3 LUBANG ABC DALAM 1 SERI”

Komposter anaerob dibuat dengan menggali lubang di tanah, ukurannya 60cm x 60cm dan kedalaman 100cm. Galian tidak disemen, kecuali sekitar lubang di beri 1 bata atau 10 cm di bagian permukaan, yaitu untuk menjaga supaya tidak runtuh. Lubang tanah ini kemudian ditutup dengan beton tipis.

Oleh sebab saya sangat senang dengan komposter anaerob jenis ini, kemudian saya membuat 1 seri komposter yang terdiri dari 3 lubang, ukuran masing-masing lubang sama, dengan jarak antara tiap lubang sekitar 50 cm.

Lobang Jenis Sampah Keterangan
Lubang A Sampah baru Daun segar, sayur busuk, kotoran hewan, bahkan bangkai tikus
Lubang B Kompos setengah matang Berasal dari lubang A bagian lapisan bawah yang telah mulai terurai.
Lubang C Kompos hampir jadi Berasal dari lubang B bagian lubang bawah yang sudah banyak mengalami penguraian.

Pemberian MOL sebagai starter harus intensif, terutama pada lubang A, yaitu agar proses penguraian lebih cepat berlangsung. Pemberian MOL secukupnya 3 hari sekali di lubang B. Pemberian MOL seminggu sekali di lubang C. Lubang-lubang tadi kemudian ditutup dengan beton tipis, agar proses anaerob berlangsung.

Kelebihan komposter anaerob ini antara lain sampah tidak perlu dipotong-potong kecil-kecil, jadi apa adanya saja. Tidak ada bau keluar, karena ditutup beton tipis. Semua jenis sampah organik bisa masuk, sehingga rumah kita bebas sampah organik, pekarangan rumah juga bersih. Kompos di lubang C siap dipanen setiap saat diperlukan.

Adapun kelemahannya yaitu tidak bisa dipraktekkan pada daerah atau pekarangan yang air tanahnya dangkal, sebab air lindi akan langsung masuk ke air tanah.

Nah, sekarang saat anda untuk mempraktekan, selamat mencoba…..

Sumber: sobirindpklts@yahoo.com 

Posted on 24 November 2009, in Pengolahan Sampah, Pengolahan sampah rumah tangga denga metode "AN-AEROB 3 LUBANG ABC DALAM 1 SERI". Bookmark the permalink. 4 Komentar.

  1. Bung, menarik artikelnya. Mohon penjelasan apakah lubang A, B atau C saling berhubungan? atau pemindahan dari setiap lubang itu dilakukan secara manual?

    • joharicybermedia

      Bpk Wilson,
      Materi sistem perngolahan sampah dengan AN AEROB ini saya ambil dari web. Kenapa ini saya masukan karena saya sudah beberapa kali mencoba mengolah sampah rumah tangga akan tetapi terus terang dengan segala keterbatasan waktu, kalau boleh saya simpulkan sangat RIBET (tidak praktis).

      Dan ketika saya mendapatkan materi ini saya langsung tertarik untuk mencobanya. Saat ini saya masih mencoba membuatnya di rumah, doa’a sukses dan dengan senang hati saya kan membagi pengalaman jika sudah ada hasilnya.

      Salam
      Johari

  2. Wow, this article is pleasant, my sister is
    analyzing these things, thus I am going to let know her.

    • Thank you for your visiting at my blog.
      A lot of advantages that my family has felt from the bins, now I’m not need to busy make schedule to disposal organic waste to garbage area.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: