Ternyata…., Kelengkeng bisa berbuah di Banjarbaru (Kal Sel)

Bulan ini (Jan 2012) genap 2 tahun, kelengkeng yang saya tanam di depan rumah. Ingat sekali waktu itu bulan Nopember 2011, kelengkeng yang saya tanam hampir saja saya tebang.. (buat apa tanam Kelengkeng, toh gak mau buah juga, mending  tanam  mangga atau rambutan saja, sudah terbukti bisa buah, pikir saya waktu itu).

Ternyata apa yang waktu itu pernah terlintas di dalam pikirkan saya, tidak terbukti alias berbalik 180°, kelengkeng yang saya tanam ternyata bisa berbuah.

Semua nya berawal dari kebiasaaan rutin, sore itu setelah pulang kerja ± jam 06.00 sore,  saya menyiapkan pupuk untuk memupuk beberapa Tabulampot dibelakang rumah. Pas giliran memupuk Tabulampot Kelengkeng Aroma Durian yang saya belu beberapa waktu yang lalu saya terkejut, lho… ini sepertinya bakal bunga…….Setelah beberapa hari ternyata IYA.

Lalu saya pun mulai penasaran, kok tanaman Kelengkeng Diamon River yang saya tanam di depan rumah belum bunga, apa ada yang salah,  padahal sudah pohonya besar, (alah….. jangan-jangan saya di tipu oleh penjual lengkeng, pikir saya, jangan-jangan lagi mata enters yang di gunakan untuk okulasi bukan berasal dari lengkeng Diamon river)

Akhirnya, sayapun ke depan rumah untuk melihat tanaman Kelengkeng Diamon River di depan rumah, setelah saya teliti ternyata…….. Lho ini kan bakal bunga……. Wah… mantap dan saya pun langsung berfikir maaf ya, saya sudah berburuk sangka sama si penjual Kelengkeng.

Mau lihat fotonya… nah ini, dia

Tanaman kelangkeng yang sudah berumum 2 tahun (Untuk menjaga kanopi pohon melebar di sekeliling tanaman saya pasang kayu)

 


Kelengkeng jenis Diamon River ini pertama kali berbuah

 


Kelengkeng jenis “Diamon River” yang sedang belajar berbuah (ehm….. 1,2,3… ada 25 buah per tangkai)

Posted on 16 Januari 2012, in Budidaya Buah-Buahan, Kelengkeng bisa berbuah di Banjarbaru (Kal Sel). Bookmark the permalink. 5 Komentar.

  1. wah selamat deh y, akhirnya bisa menjadi petani kelengkeng yg sukses
    ntar buat cangkokannya y. trus saya minta deh bibitnya yg sudah jadi. hehehe ^__^
    kalo sudah jadi buah jgn lupa dibawa ke kantor to icip2. Oke

  2. selamat atas buah perdananya, harusnya minta maaf dong pada penjualnya, ato nanti kalo sudah masak buahnya kirimi aja ke penjual tanamannya hehehehe,
    Ini juga terbukti pada saya sendiri yang sekarang ini tinggal di jawa tengah kab. pemalang,
    saya beli bibit ukuran 30 cm dari penjual tanaman, dijanjikan 3 kali terubusan pada pucuk daun, trubus ke 4 baru muncul bunga. ternyata tidak meleset, padahal tinggi baru satu meter, umur sekitar 1 tahun dari okulasi. (sekitar tahun 2008). saat ini tinggi sekitar 3,4 meter di depan rumah, dan sudah 9 x berbuah sampai saat ini. hari ini sedang berbuah penuh menyelimuti pohon disela2 daunya yg rindang,2 minggu lagi saatnya menikmati, buah akan matang diketahui dari bau yang harum segar menyengat di pagi hari. nikmatnya makan klengkeng dari petik pohon lebih segar (basah dan sedikit beraroma alkohol) ketimbang beli yg sudah berminggu2 menginap ( kering). sampai akhirnya ingat si penjual tanaman, saya kirimi untuk mencicipinya, hehehehehe….selamat menikmati buah perdana.

  3. pupuk yang d gunakan apa ??

  4. Pohon klengkeng saya sudah berumur 9 tahun, tapi sampai sekarang belum pernah berbuah, pohonnya sangat lebat da rindang sekali sampai teman2nya anak saya pada suka manjat karena pohonnya sangat rendah dan banyak tangkainnya.Tolong cara bagaimana supaya bisa berbunga dan berbuah. Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 80 pengikut lainnya.

